Minggu, 28 Oktober 2012

Bangkit Dari Kegagalan Usaha



CARA BANGKIT DARI KEGAGALAN USAHA
            Yang namanya melakukan usaha, tentu tidak mungkin luput dari kegagalan. Mulai dari pengusaha kecil sampai ke konglomerat, tentu ada kalanya akan mengalami kegagalan. Karena itu tidak perlu takut dengan kegagalan. Gagal adalah hal yang biasa dalam berbisnis. Yang penting kita belajar bagaimana cara bangkit dari kegagalan usaha.
            Berikut ini beberapa tips yang kiranya dapat membantu Anda untuk bangkit dari kegagalan usaha:
1. Anggap kegagalan sebagai proses pembelajaran
            Meskipun kegagalan terasa menyakitkan, namun darinya kita dapat memperoleh pelajaran-pelajaran yang berharga. Dari gagalnya bisnis Anda, minimal Anda jadi tahu hal-hal apa yang sebaiknya tidak dilakukan. Insting bisnis Anda juga akan makin terasa untuk membedakan mana bisnis yang prospeknya bagus dan mana yang tidak. Hal-hal ini akan membantu Anda untuk mencapai keberhasilan di masa yang akan datang.
2. Miliki sikap pantang menyerah
        Gagal itu biasa. Namun masalahnya, kegagalan seringkali membuat orang berhenti di tengah jalan. Mereka memutuskan untuk menyerah dan tidak lagi berbisnis. Hal ini sangat disayangkan karena bisa jadi mereka akan berhasil di usaha yang berikutnya. Dengan berhenti di tengah jalan berarti mereka menutup peluang keberhasilan yang bisa jadi sudah cukup dekat. Karena itu Anda harus memiliki sikap pantang menyerah. Kalau usaha Anda belum berhasil, beranilah untuk mencoba lagi.
3. Jangan ambil risiko terlalu besar
        Seperti yang dibahas di atas, Anda harus memiliki sikap pantang menyerah. Namun hal ini bukan berarti Anda lantas berlaku sembrono. Anda harus menjaga jangan sampai kegagalan usaha Anda berdampak fatal pada keuangan keluarga Anda. Bagaimanapun, Anda memiliki tanggung jawab atas keluarga Anda.
         Oleh karenanya, jangan mengambil risiko terlalu besar. Kalau Anda sudah terlanjur di usaha Anda yang sebelumnya, maka pastikan bahwa hal itu tidak terulang lagi di usaha Anda berikutnya. Anda harus memastikan bahwa kalaupun gagal Anda tidak akan menyengsarakan kehidupan keluarga Anda.
        Inilah salah satu alasan mengapa bisnis sampingan adalah cara yang baik untuk memulai usaha. Dengan menjalankan bisnis secara sampingan berarti Anda masih memiliki penghasilan dari pekerjaan utama Anda. Dengan demikian, kalau pun bisnis Anda gagal Anda masih memiliki pemasukan untuk memenuhi kebutuhan keluarga Anda.
4. Miliki sikap yang positif
           Saat terjadi kegagalan kita mudah untuk bersikap negatif. Kita akan cenderung untuk mengeluh dan mengatakan hal-hal yang negatif. Hal ini tentu tidak akan membantu Anda maupun orang-orang di sekeliling Anda. Karena itu, milikilah sikap yang positif di tengah-tengah kegagalan. Seperti diuraikan di atas, anggaplah kegagalan sebagai proses pembelajaran. Lihatlah pada hal-hal positif yang dapat Anda petik dari pengalaman ini, jangan berfokus pada sisi negatifnya. Dengan sikap yang positif, Anda akan menjaga semangat Anda dan orang-orang di sekeliling Anda.
***
        Demikianlah beberapa tips untuk membantu Anda bangkit dari kegagalan usaha. Ingat, gagal itu biasa. Milikilah sikap positif dan pantang menyerah. Niscaya keberhasilan akan menjadi milik Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

I just learn to be great